Sunday, January 14, 2018

Baby Blessing di Vihara Bodhisattva Lampung

Hari ini 14 januari 2018 pagi pagi saya sudah bersiap siap untuk mengikuti acara baby blessing di vihara. Baby blessing adalah ritual pemberkatan bagi bayi dan anak ( usia 0 - 6 tahun ) yang di lakukan oleh para sangha . Baby blessing ini di laksanakan di vihara bodhisattva teluk betung lampung.

Sebenarnya acaranya mulai jam 10.00 wib , namun mau cari sarapan dulu yakni mie ahak di pangkal pinang. Review tentang mie ahak nanti saya sampaikan menyusul ya.
Sehabis sarapan langsung cus kembali teluk.

Sesampainya di vihara bodhisattva sudah banyak anak anak dan para orang tua yang menunggu mulainya acara tersebut. Bagi yang belum mendaftar juga boleh langsung mendaftar pada hari tersebut dengan melengkapi persyaratannya. Adapun syarat dalam mendaftar untuk mengikuti baby blessing adalah :
1. Mengisi formulir (biodata anak dari nama , tanggal lahir , nama orang tua , alamat dan nomor telp. )
2. Pas foto 3x4 sebanyak 1 lembar
3. Fotokopi akta kelahiran sebanyak 1 lembar
4. Dana sukarela

Setelah menunggu akhirnya mulailah acara baby blessing tersebut. Acara dimulai dengan hadirnya para anggota sangha ke dalam bakti sala lalu bersama sama membacakan jaya manggala sutta. Setelah itu dipanggil secara urut peserta baby blessing didampingi orang tua dalam pelaksanaan ritual.

Adapun ritual yang dijalankan adalah pengguntingan rambut , pemercikan air suci , dan pengalungan oleh anggota sangha. Banyak baby dan anak anak setelahnya mengangis mungkin takut karena rambutnya digunting ya. Untung saja si kecil tidak nangis dan ia tampak hepi hepi saja.




Sebagai ibunya rasa bangga pasti ada ketika si kecil berani dan pintar bersosialisasi. Setelah semua peserta telah selesai menjalankan ritual, semua para peserta berfoto bersama anggota sangha dan diperbolehkan untuk berfoto bersama para anggota sangha per satu keluarga . Setelah sesi foto selesai maka acara ditutup dan para anggota sangha meninggalkan bakti sala.


Setelah acara selesai , panitia menyampaikan akan menghubungi nomor telepon orang tua jika sertifikat telah jadi dan bisa diambil.
Sekian cerita saya mengenai baby blessing yang saya jalani hari ini . Untuk videonya bisa dilihat di bawah ini .


No comments:

Post a Comment