Friday, January 12, 2018

Ruang laktasi di transmart lampung

Ruang laktasi atau nursery room yang berada di tempat umum seperti mall itu sebenarnya sangat bermanfaat sekali loh buat ibu menyusui . Bahkan pemerintah pun sudah mengatur hal tersebut didalam undang undang no 33 tahun 2012 dan peraturan menteri kesehatan republik Indonesia no 15 tahun 2013 bahwa tempat kerja dan tempat tempat publik wajib menyediakan sarana ruang laktasi ini demi mendukung pemberian ASI yang mana ASI adalah hak bagi setiap bayi sampai usia maksimal 2 tahun.
Tidak ada susu lain sebaik ASI . Dan sebagai seorang ibu menyusui saya pun mendukung statement itu.

Sayangnya di lampung khususnya di bandar lampung ini agak susah menemukan ruang laktasi tersebut di mall mall. Selama ini yang saya tahu hanya ada di mall boemi kedaton (maaf jika salah) . Itupun sepertinya hanya sebagai "asal ada saja" . Sangat jauh perbedaannya jika melihat ruang laktasi seperti dimall mall besar di jakarta atau tanggerang bandung dan kota lainnya.

Tetapi setelah kehadiran transmart si kompetitor kuat dalam hal per mall an ini , ibu ibu menyusui seperti saya dapat bernafas agak lega.
Meski saya kebanyakan menyusui menggunakan apron yang memungkinkan kita menyusui di tempat keramaian orang , tapi kadang kala si kecil kurang nyaman karena ia berada di dalam kain , tidak dapat melihat sekitar atau mungkin lebih gerah . Seperti pengalaman saya didunia perASIan ini , kadang ketika si kecil ngambek mau nenen tapi gak mau di tutup apron itu lumayan menguras emosi. Kalau lagi waktunya tepat , kalau tidak ya sudah demi anak kita pulang saja deh biar bisa nenen dimobil.

Tapi dengan kehadiran ruang laktasi tentu menambah rasa nyaman dalam memberikan asi tersebut tentunya . Bayi nyaman ibunya pun . Terlebih lagi kalau ruang laktasi yang disediakan memenuhi standar yang telah di tetapkan peraturan menteri kesehatan nomor 15 tahun 2013 pasal 10 dan seminimalnya seperti diatur dalam pasal 12 ayat 2.(lihat gambar dibawah ini )



Dari pengamatan yang saya dapatkan di transmart kemarin bahwa ruang laktasi mall tersebut telah memenuhi standar yang ditetapkan pemerintah. Sungguh luar biasa. Yang penasaran seperti apa sih ruang laktasi di mall baru tersebut , cek gambar dibawah ini ya ⬇




Nah gimana menurut teman teman sekalian?
Sudah memenuhi standar kan ?
Ada wastafelnya , ada sabun , baby taffel , sofa yang empuk meski cuman 1 . Terus di hias dengan stiker lucu.

Okay deh sekian dari saya . Nantikan ulasan selanjutnya ya mengenai ruang laktasi di mall lampung.
Terima kasih telah membaca.

No comments:

Post a Comment